Inilah Gejala Umum Autisme
Kesehatan

Inilah Gejala Umum Autisme

Autism spectrum disorder (ASD) adalah serangkaian gangguan perkembangan saraf yang sebagian besar ditandai dengan gangguan fungsi sosial dan gangguan komunikasi. Gejala dapat mencakup fokus yang intens pada satu item, tidak responsif, kurang memahami isyarat sosial (seperti nada suara atau bahasa tubuh), gerakan berulang, atau perilaku menghina diri seperti memukul-mukul kepala. Tingkat keparahan gejala sangat bervariasi di antara individu yang terkena.

Gejala lain yang mungkin terjadi termasuk yaitu belajar berbicara relatif terlambat, tidak bermain secara interaktif dengan anak-anak lain, menghindari kontak mata, kurangnya empati, dan penarikan sosial. Anak-anak dengan ASD yang belum mengembangkan keterampilan bahasa yang cukup dapat bertindak, termasuk menjerit atau menangis, untuk mengekspresikan kebutuhan mereka. Penting untuk dicatat bahwa orang dengan ASD dapat sangat bervariasi dalam tingkat fungsi mereka, dan tidak semua orang dengan ASD akan mengalami semua gejala umum autisme yang terdaftar.

Gejala dan tanda awal pada bayi dapat bervariasi tetapi dapat mencakup kurangnya kontak mata atau penurunan kontak mata, terlalu fokus pada satu item, dan kurangnya permainan bolak-balik. Anak-anak yang sangat muda dapat menunjukkan gejala awal seperti kehilangan minat dalam kontak sosial dan penarikan sosial.

Penyebab autisme dan faktor risiko

Penyebab pasti gangguan spektrum autisme tidak diketahui, tetapi diyakini bahwa kedua faktor genetik dan lingkungan terlibat. Gejala umum autisme lainnya, mencakup : postur tubuh tidak normal atau ekspresi wajah, nada suara tidak normal, menghindari kontak mata,gangguan perilaku, defisit dalam pemahaman bahasa, keterlambatan dalam belajar berbicara, pidato datar atau monoton, interaksi sosial yang tidak biasa, fokus intens pada satu topik, kurangnya empati, kurangnya memahami isyarat sosial, ketidakmampuan atau kesulitan belajar, tidak terlibat bermain dengan teman – temannya, kesibukan dengan topik tertentu, masalah dengan percakapan dua arah, kata atau frasa yang diulang, gerakan berulang, perilaku melemahkan diri, gangguan tidur, penarikan sosial.

Beberapa anak yang berada dalam spektrum mulai menunjukkan tanda-tanda saat berusia beberapa bulan. Orang lain tampaknya memiliki perkembangan normal untuk beberapa bulan atau tahun pertama kehidupan mereka dan kemudian mereka mulai menunjukkan gejala. Tetapi hingga setengah dari orang tua dari anak-anak dengan ASD melihat masalah pada saat anak mereka mencapai 12 bulan, dan antara 80% dan 90% melihat masalah pada 2 tahun. Anak-anak dengan ASD akan memiliki gejala sepanjang hidup mereka, tetapi mungkin bagi mereka untuk menjadi lebih baik ketika mereka bertambah tua.

Gejala umum autisme sangat luas. Beberapa orang mungkin memiliki masalah yang sangat mencolok, yang lain mungkin tidak. Benang merahnya adalah perbedaan dalam keterampilan sosial, komunikasi, dan perilaku dibandingkan dengan orang-orang yang tidak termasuk dalam spektrum. Ranah gangguan pada anak autisme mencakup :

  • Keterampilan sosial

Seorang anak dengan ASD mengalami kesulitan berinteraksi dengan orang lain. Masalah dengan keterampilan sosial adalah beberapa tanda yang paling umum. Dia mungkin ingin memiliki hubungan dekat tetapi tidak tahu caranya.

  • Komunikasi

Sekitar 40% anak-anak dengan gangguan spektrum autisme tidak berbicara sama sekali, dan antara 25% dan 30% mengembangkan beberapa keterampilan bahasa selama masa bayi tetapi kemudian kehilangan mereka nanti. Beberapa anak dengan ASD mulai berbicara di kemudian hari.

  • Pola Perilaku

Anak-anak dengan ASD juga bertindak dengan cara yang tampak tidak biasa atau memiliki minat yang tidak khas. Contoh-contoh ini dapat meliputi: Perilaku berulang seperti mengepakkan tangan, mengayun, melompat, atau memutar-mutar, Perilaku bergerak konstan (mondar-mandir) dan “hiper”, Fiksasi pada aktivitas atau objek tertentu, Rutinitas atau ritual tertentu (dan menjadi marah ketika rutinitas diubah, bahkan sedikit).

Perawatan sebelumnya untuk gangguan spektrum autisme dimulai, semakin efektif. Itu sebabnya mengetahui bagaimana mengidentifikasi tanda dan gejala sangat penting. Hal ini agar tindakan yang dibutuhkan bisa segera dilakukan untuk menangani anak yang menderita autisme.

Sumber :

www.webmd.com

www.medicinenet.com

www.autismspeaks.org

www.wumedicalcenter.com