Model Bisnis Layanan Fintech yang Inovatif
Others

Model Bisnis Layanan Fintech yang Inovatif

Model Bisnis Layanan Fintech yang Inovatif – Dari pembukaan rekening hingga penjaminan asuransi dan profil kredit, startup Fintech membonceng berbagai layanan bank tradisional dan membalik model bisnis konvensional di industri keuangan.

Dengan tumpukan uang kapitalis ventura mengalir ke ekosistem model bisnis FinTech, bank-bank “penantang” mengancam untuk menghapus raksasa perbankan lebih cepat dikeluarkan dari pasar telepon seluler.

Skor Kredit Alternatif

Banyak wiraswasta dengan sumber penghasilan tetap tidak lulus pemeriksaan pinjaman bank konvensional karena kriteria penilaian kredit yang ketat dan usang. Semua faktor kualitatif ini dikombinasikan dengan algoritma pembelajaran yang cerdas dan mandiri dapat menghasilkan keputusan pemberian pinjaman yang lebih baik seiring waktu.

Misalnya, jika ada cara untuk menentukan profil negatif berdasarkan kehadiran sosial sebelum pencairan pinjaman, maka pemberi pinjaman dapat menghindari harus berurusan dengan pemulihan pinjaman.

Penjaminan Asuransi Alternatif

Di dunia sekarang ini, dua orang dengan berat dan tinggi yang sama, baik yang bukan perokok dan yang tidak minum alkohol akan diberikan premi asuransi jiwa yang sama. Namun, satu orang mungkin menjadi orang yang gemar berolahraga.

Perhitungan premi yang salah ini terjadi karena rata-rata keluar karena premi risiko saat ini tidak memperhitungkan faktor-faktor yang tidak dapat diukur.

Pengiriman transaksi

Data adalah hal baru, dan mengelolanya dengan lebih baik dapat memberikan wawasan mendalam tentang kebutuhan dan keinginan pelanggan. Startup Fintech di ruang pengiriman transaksi menciptakan produk gratis, seperti aplikasi manajemen pengeluaran.

Untuk mengumpulkan data pelanggan dan kemudian melakukan penyerbukan silang data tersebut dengan anggota grup lainnya untuk memetakan potensi pelanggan untuk membayar premi, berinvestasi dalam real estat, membeli reksa dana, dll.

Model bisnis yang terlibat dalam jenis-jenis perusahaan Fintech ini berdasarkan komisi, misalnya, pada penjualan kembali produk-produk keuangan pihak ketiga.

Model Bisnis Layanan Fintech Inovatif Seperti Apa yang Terbaik?

Pinjaman Antar Teman

Pinjaman peer-to-peer (P2P) adalah ketika seseorang meminjam uang dari individu lain. Demikian pula, pinjaman peer-to-business (P2B) adalah ketika bisnis meminjam uang dari satu atau beberapa individu.

Model pinjaman ini memudahkan investor untuk mendapatkan pengembalian yang lebih baik daripada yang ditawarkan di pasar utang dengan memberikan uang mereka kepada peminjam yang telah disetujui dan diperiksa.

Aplikasi Perusahaan Fintech P2P seperti Amartha.com menciptakan platform untuk mencocokkan peminjam dengan pemberi pinjaman dan biasanya mengambil biaya dari pembayaran peminjam.

Dompet Digital

Dompet digital dapat dilihat sebagai kombinasi antara rekening bank tanpa embel-embel dan gateway pembayaran. Dengan model bisnis ini, pengguna dapat melakukan pra-muat sejumlah uang virtual ke dalam dompet mereka. Dan menggunakan uang virtual ini untuk melakukan transaksi online atau offline.

Model bisnis dompet digital biasanya melibatkan memberi pengguna kenyamanan melakukan pembayaran dengan biaya kecil yang biasanya dibebankan pada bisnis dalam bentuk tingkat diskon pedagang (MDR). Dan melalui Aplikasi Pendanaan UMKM mereka hasilkan dengan uang yang terbayarkan tanpa dibayar di pelanggan / akun bisnis.

Perbankan Digital

Bayangkan bank tradisional Anda benar-benar online tidak ada kantor fisik dengan , tidak ada teller bank, tidak ada surat. Model bisnis di sini hampir identik dengan bank dengan cabang fisik kecuali bahwa dengan penghematan biaya besar dalam tenaga kerja.

Nah, itu dia beberapa Model Bisnis Layanan Fintech yang Inovatif. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dalam menemukan solusi dalam bisnis anda. Semoga sukses.