Ucapkan Doa Pernikahan Ini Saat Menghadiri Resepsi Nikah
Lifestyle

Ucapkan Doa Pernikahan Ini Saat Menghadiri Resepsi Nikah

Dalam sebuah perayaan pernikahan, tentulah diharapkan doa kebaikan dari orang-orang di sekitarnya, terutama bagi mereka yang menghadiri perayaan tersebut. Dalam Islam, terdapat doa pernikahan khusus yang hendaknya diucapkan ketika menghadiri resepsi pernikahan. Penyatuan dua buah keluarga tersebut diharapkan dapat senantiasa sejalan hingga akhir hayat.

Doa Keberkahan

Dalam setiap lini kehidupan, keberkahan dan anugerah Tuhan di setiap waktu selalu menjadi hal yang diharapkan. Selain ketenangan batin, hal tersebut juga akan memberikan kemudahan dalam menjalani cobaan yang menerpa. Terlebih ketika mendapati dua orang manusia yang baru saja bersatu dalam ikatan pernikaha, tentulah terdapat beberapa perbedaan yang harus diatasi.

Dalam sebuah hadis disampaikan bahwa doa berikut merupakan ucapan yang selalu Rasulullah saw kumandangkan ketika menghadiri pernikahan seseorang. Adapaun doa tersebut berbunyi ‘Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a baynakuma fii khair’ (HR Tirmidzi, Abu Dawud dan Ibnu Majahs).

Arti dari doa pernikahan di atas adalah ‘Semoga  Allah memberikan keberkahan kepadamu dan atasmu serta mengumpulkan kalian berdua dalam ikatan kebaikan.’ Hendaknya doa tersebut langsung disampaikan ketika Anda bertemu dan berjabat tangan kepada pengantin sebagai ucapan selamat sekaligus ucapan doa.

Ucapan Selamat menikahDoa Setelah Dijamu

Dalam sebuah perayaan pernikahan, tentulah sang penyelenggara acara akan menyediakan jamuan makanan. Dalam hal ini, Anda sebagai tamu undangan hendaknya turut serta berdoa untuk kebaikan orang yang telah menjamu. Hal ini disebutkan dalam islam sebagai adab dan tata karma yang diajarkan sebagai bagian dari hubungan antar sesama yang diajarkan di dalamnya.

Allahummagh firlahum, warkhamhum, wa baarik lahum fiimaa razaqtahum’ (HR. Ahmad IV/187-188) meupakan doa yang hendaknya diucapkan setelah doa selesai makan. Doa ini memiliki arti yang sangat mendalam yakni ‘Ya Allah ampunilah mereka, sayangi mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka’.

Doa pernikahan di atas merupakan ucapan yang hendaknya didahulukan sebelum memberi selamat dalam bahasa Indonesia. Walaupun tidak dilarang mengucapkan doa dalam bahasa ibu, akan tetapi doa yang diajarkan Rasulullah saw. dalam bahasa Arab tersebut akan semakin utama apabila diucapkan. Jika belum hapal,  Anda bisa membawa catatan kecil agar tidak lupa.